Wednesday 6 March 2013

DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

DESKRIPSI  MATA KULIAH
PROGRAM  STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 (UNA- 502) Landasan Pendidikan  Islam
Mata Kuliah ini bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan karakteristik UIA, Pendidikan Islam yang merupakan pendidikan rabbani yang telah memberikan sumbangan berharga bagi pendidikan di dunia termasuk di indonesia dengan segala keistimewaannya, sangat penting bagi pengayaan wawasan para mahasiswa TP. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: konsep pendidikan Islam, Sejarah dan Tokoh-tokoh Pendidikan Islam, Sumber-sumber pendidikan Islam, , karakteristik dan Filsafata Pendidikan Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam,  Metode pembelajaran dalam Pendidikan Islam, Desain pembelajaran dalam Pend. Islam dan Sumber belajar dalam pendidikan Islam
 (MTP-515) Landasan Teknologi Pendidikan
Mata kuliah ini merupakan dasar untuk memahami serta untuk mengkaji pengertian dan perkembangan teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan,  yang  diperlukan  untuk  mengatasi masalah  belajar  manusia  dalam  berbagai kondisi dan situasi, seiring dengan perkembangan tuntutan pengembangan sumberdaya manusia dan kemajuan teknologi, dengan mengkaji: Rasional  tumbuh  dan berkembangnya  teknologi  pendidikan,  faktor  dan sumber  yang mempengaruhi perkembangan teknologi pendidikan, kawasan dan  bidang garapan  teknologi  pendidikan,  berbagai  bentuk  dan  prosedur  penerapan   teknologi pendidikan  dalam pembangunan pendidikan dan pengembangan  sumberdaya  manusia, keahlian teknologi pendidikan, serta kontribusi teknologi pendidikan dalam reformasi pendidikan.
 (UNA 511) Filsafat Ilmu
Matakuliah ini adalah mata kuliah dasar dalam pendidikan untuk mengetahui kebenaran ilmiah, proses mencari kebenaran dan criteria kebenaran ilmiah. Mata kuliah filsafat ilmu mencakup pembahasan tentang ontologi, epistimologi dan aksiologiilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentangontology ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism) serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal maupun sosial.
 (UNA-510) Metodologi Penelitian
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Mahasiswa terhadap metodologi Penelitian sebagai kompetensi utama seorang peneliti dalam bidang Pendidikan, Dalam Mata kuliah  Metodologi Penelitian Pendidikan ini akan dibahas tentang Metodologi Penelitian kualitatif, kuantitatif dan teoritik yang bertujuan memberikan kemampuan tentang epistemology keilmuan yang bersifat operasional dalam memperoleh, mengolah, menarik kesimpulan dan menyusun pengetahuan ilmiah melaui kegiatan penelitian.
(UNA-501) Aplikasi Statistik
Mata kuliah ini memberikan kemampuan berpikir secara kuantitatif kepada mahasiswa yakni kemampuan mengaplikasikan metode-metode statistika yang diperlukan berkaitan dengan bidang keilmuannya, dan menggunakan statistik sebagai alat bantu dalam pelaksanaan penelitian terutama dalam penulisan thesis. Pembahasan dalam Aplikasi Statistik ini meliputi: Konsep dan jenis statistic, Everage dan jenisnya, penyebaran data, teknik analisis korelasional, analisis komparasional, teknik-teknik penghitungan stattistik dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif dan sebagainya.
 (MTP-535) Desain Pembelajaran
Mata kuliah ini bertujuan Memberikan pengetahuan dan kemampuan tentang proses sistematis yang harus dilalui dalam membangun dan mendesain system intruksional/pembelajaran yang efektif dan efesien untuk mencapai tujuan pembelajaran secara tepat dan cermat. Pembahasan mata kuliah ini meliputi: arti dan model-model desain sistem instruksional, hubungan desain sistem instruksional, dan teknologi instruksional/pendidikan, prinsip-prinsip, prosedur dan langkah-langkah desain sistem instruksional baik dalam tingkat makro maupun mikro; antara lain meliputi analisis kebutuhan/masalah, analisis karakteristik peserta belajar, analisis latar dan lingkungan/sumber, perumusan tujuan, penentuan metode, materi dan media, pengembangan prototipe, uji coba, evaluasi dan revisi.
 (MTP-550) Evaluasi Pendidikan
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasaiswa dapat memahami dan  menjelaskan evaluasi pendidikan yang  difokuskan pada penialaian pembelajaran/ learning assesment  terkait denga  pelaksanaan kegiatan penilaian pembelajaran pada institusi pendidikan, Mata kuliah ini membahas antara lain : Pengertian test, pengukuran, evaluasi; Pembahasan tentang pesan test dan pengukuran; Jenis-jenis test : objektif, essay, porto folio; Validitas – reabilitas test; Non test  : tertulis : penguatan, wawancara, Survey : Instrumen : keberpenguatan, Skala sikap; Kategori evaluasi: (1) Program, (2) Proyek, (3) Produk à Konsentrasi TP (program pembelajaran) produk atau evaluasi media atau bahan ajar.
 (MTP-562) Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenbangkan Media dan pengelolaan sumber belajar modern untuk memudah para pendidik dalam proses pembelajaran dan mencapi tujuan pendidikan, pada mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep, fungsi, klasifikasi, karakteristik dan teknik Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar, Pengenalan lembaga sumber belajar, struktur organisasi, perencanaan pembiayaan dalam pengelolaan lembaga sumber belajar, penentuan personil dan fungsi-fungsinya dalam mencapi tujuan pembelajaran dan pendidikan
 (MTP-526) Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Mata kuliah ini membahas secara konprehensip Mengenai Perkembangan Teknologi Informasi dan Komuniksi serta dampak aplikasinya dalam pendidikan dan Pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada Pengembangan dan Penerapan konsep belajara terbuka, Jarak jauh, belajar berbasis aneka sumber (resources based learning) dan belajar berbasis masalah (problem based learning) dan Kebijakan pemanfaatan TIK untuk pendidikan di Indonesia. Pembahasa mata kuliah ini meliputi perkembangan dari aspek rekayasa, aspek kemasyarakatan, aspek ekonomis, aspek psikologis dan aspek pendidikan.
 (MTP-563) Pengembangan Kurikulum dan Program Belajar
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan mengembangkan dan mendesain kurikulum pendidikan yang baik, tepat dan dinamis sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan modern dalam berbagai bidang kehidupan. Pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Konsep dan sejarah Pengembangan Kurikulum, Teori dan asas kurikulum, Bentuk dan Karakteristik Kurikulum, Fungsi dan peran penngembangan kurikulum, prinsip, hakikat, isi dan pendekatan pengembangan kurikulum dan sebagainya.
 (MTP-541) Orientasi Baru dalam Psikologi
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah penting dalam Ilmu Pendidikan, karena memberikan pengetahuan dan kemampuan mengetahui gejala-gejala Psikologi peserta didik kepada pendidik, yang bertujuan agar mahasaiswa dapat memahami dan  menjelaskan kedudukan, hakikat, dan sikologi dan psikologi belajar. Mata kuliah Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan ini mengkaji tentang Konsep Dasar Psikologi dan Implikasinya dalam Pendidikan,  Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia, Variasi Individu, Kreativitas dan Pembelajaran, Berbagai Aliran Psikologi dan Implikasinya dalam Pendidikan, Motivasi dan Pendidikan, Individu berkebutuhan khusus serta membahas tentang Psikologi Pendidikan dan Pendidik Profesional.
 (UNA-505) Pengantar Studi Islam
Mata Kuliah ini adalah mata kuliah Ciri khas Utama Universitas Islam As-Syafi’iyah yang di ajarkan pada semua Prodi di Program Pascasarja UIA, yang bertujuan menanamkan pengetahuan das                 ar Islam yang Dharuriy (sangat urgen) dari masalah akidah, syari’ah,  Iibadah dan muamalah, sehingga Sarjana  yang dihasilkan adalah sarjana yang intelektual dan memilki pemahaman dan pengamalan yang konfrehensif terhadap Islam. Pembahasan dalam Mata kuliah ini meliputi: Konsep, sumber dan rukun Akidah dan keimanan, konsep, sumber, jenis, konfrehensifitas Ibadah dan yang membatalkannya, konsep Akhlak, sumber, jenis dan pengaruhnya dalam kehidupan manusia.
 (UNA-595) Seminar Proposal Tesis
Seminar ini dilaksanakan dalam rangka mempresentasikan usulan (proposal) penelitian mahasiswa secara lisan di hadapan tim penilai yang terdiri dari Komisi Pembimbing dan para penelaah yang ditetapkan.
 (UNA-599) Tesis
Karya tulis yang berdasarkan penelitian secara mandiri dalam bentuk tesis yang harus dipertanggung jawabkan dalam sidang ujian akhir program secara lisan setealah dinilai dan disetujui bulat oleh tim penilai yang terdiri atas Komisi Pembimbing dan para Penelaah yang ditetapkan.

Sekretariat :
Kampus Universitas Islam As-Syafi’iyah
Jl. Raya Jatiwaringin No. 12
Pondok Gede Jakarta Timur

No comments:

Post a Comment